banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Ordos, Kota Hantu Modern di China

Friday, April 16, 2010

Ordos, sebuah kota yang namanya diambil dari bahasa Mongolia yang berarti “kerajaan”, merupakan sebuah misteri besar yang belum terungkap. Kota yang didirikan tahun 2001 lalu ini, adalah sebuah kota yang sepi walaupun memang berpenghuni dan bahkan kota ini dapat dikatakan jauh lebih kaya daripada ibu kota China, Beijing.



 Salah satu contoh bangunan modern ala kota Ordos

Kota ini dianggap kota hantu karena jumlah populasinya yang terus menurun (tahun 2009 penduduk kota ini 1,548,000), namun perkembangan infrastruktur modern dan futuristiknya berkembang dengan sangat pesat. Akan tetapi, penggunaanya kurang maksimal karena jumlah penduduknya yang sedikit.

Pertumbuhan penduduk di kota ini sangat aneh, tingkat kepadatan penduduknya hanya mencapai angka 17,8 per km2. Sebagai bahan perbandingan, di kota New York, kepadatannya sudah mencapai 157, 91 penduduk per km2.

Kota yang luasnya mencapai 87,000 km2 memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari gedung perkantoran, pusat admistrasi, bangunan pemerintahan, museum, bioskop, gedung olahraga, dan berhektar-hektar lahan yang bisa digunakan sebagai pemukiman, hanya ada sedikit permasalahannya. Tidak ada yang tinggal disana!

Sedikitnya populasi di kota hantu ini, memang sedikit tidak cocok dengan pendapatan perkapitanya. Kota ini memiliki pendapatan yang sangat tinggi dari pertambangan batu-bara, dan berbagai macam sumber daya alam lainnya termasuk, tekstil, petrokimia, listrik dan produksi bahan bangunan. 

Kota ini memiliki pendapatan per kapita terbesar kedua setelah Shanghai. Perusahaan Manajemen bangunan menyatakan bahwa semua unit bangunan di kota tersebut sudah terjual ( sudah dibeli para investor), namun entah dengan alasan apa, tidak ada satu investorpun berpindah ke kota ini!

Jadi sebuah pepatah lama yang mengatakan “bangunlah dan mereka akan datang” tidaklah selalu benar. Sebuah kota akan lebih berkembang jika dibangun sesuai kebutuhan para penduduknya.




Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP