banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Berhenti merokok, kurangi resiko penyakit jantung

Wednesday, March 31, 2010

Dalam sebuah penelitian di Atalanta terdapat fakta bahwa berhenti merokok dalam memperbaiki fungsi pembuluh darah arteri. Dengan demikian, adanya perbaikan fungsi arteri ini mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, ditemukan juga fakta lain bahwa berhenti merokok memicu peningkatan fungsi kolesterol baik.

Merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Sedangkan, sepertiga dari kematian yang berhubungan dengan merokok di Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit jantung. Oleh karenanya, banyak para perokok yang kini berusaha untuk menghentikan kebiasaannya menghisap tembakau bakar tersebut.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology disebutkan bahwa berhenti merokok juga menurunkan resiko kanker paru-paru. Studi ini melibatkan sekitar 1.500 responden perokok aktif yang diberikan bermacam nikotin dalam bentuk kemasan obat-obatan atau permen. Sehingga, mereka tidak lagi mengisap asap rokok. Setelah dalam setahun, 30 persen para responden tersebut memutuskan behenti dari merokok.

Sebelum studi dimulai dan satu tahun setelah perokok berhenti, dokter melakukan tes USG untuk melihat seberapa baik lapisan pembuluh darah rileks dan ditangani aliran darah. Biasanya, pada perokok terjadi pengerasan pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah merupakan langkah awal untuk penyakit jantung. Kemudian, dilakukan proses penghentian peredaran darah di bawah lengan dengan menggunakan turniket selama beberapa menit. Dengan begitu, dapat dilihat bagaiman Arteri Utama bereaksi saat aliran darah dipulihkan.

Dalam hasil tersebut, ditemukan peningkatan fungsi arteri sebanyak 1 persen saat penghentian sementara itu. "Kedengarannya tidak lazim. Tetapi dalam penelitian selanjutnya diterjemahkan menjadi 14 persen lebih rendah terhadap resiko serangan jantung," kata Stein yang berjanji akan mengembangkan penelitian itu untuk masa dua tahun mendatang.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Unik

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP