banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Lunturnya sikap menghargai orang lain

Monday, April 19, 2010

Diterjang derasnya arus globalisasi dan westernisasi, generasi muda Indonesia mengalami masalah besar yaitu masalah kemunduran akhlak yang akhirnya membawa setiap orang menjadi seseorang yang oportunis-egois.

Sifat ini mungkin dikarenakan tujuan hidup yang sudah berbeda, yaitu kehidupan dunia yang serba ada. Setiap orang saling jegal menjegal untuk mendapatkan posisi. Tidak hanya dari dunia perpolitikan, tetapi seluruh aspek kehidupan dipenuhi dengan persaingan yang tidak sehat.

Dalam lingkungan skala kecil saja, seperti dalam suatu masyarakat, lihat saja para oknum pedagang kaki lima penjaja makanan ringan untuk anak kecil. Mereka membuat makanan dari bahan-bahan berbahaya dengan alasan bahan yang lebih murah dan keuntungan berlipat. Bagaimana dengan kesehatan konsumennya? Sama sekali tidak terpikirkan.

Mungkin alasan ekonomi lah yang mereka jadikan alasan. Alasan klasik yang sering diucapkan. Sama seperti seorang yang mampu namun berprofesi seperti pengemis. Mereka sudah memiliki apa yang mereka butuhkan namun tidak segera berubah dan berusaha bangkit. Mereka malah merasa nyaman dan menjadikan pengemis sebagai profesi.

Begitu pula persaingan di dunia kerja. Saat ini uang-lah yang berbicara. Dengan dana yang tak sedikit kamu mungkin bisa membeli sebuah profesi. Sebenarnya terdengar lucu juga ketika mendengar hal ini. Untuk sebuah pekerjaan harus membayar dulu, seperti membeli sesuatu, padahal kan kita bekerja untuk memperoleh uang. Jika memiliki uang kenapa tidak menciptakan pekerjaan sendiri?

Saat ini mungkin para penghuni negeri yang kata Koes Plus seperti kolam susu ini sedang mengalami terror besar yang datang dari dalam dirinya sendiri. Teror itu berupa hilangnya nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati antar sesama. Nilai-nilai tersebut kemudian berganti menjadi sifat egoisme yang berujung pada persaingan yang tidak sehat.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP