banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Tekor Gara-Gara FarmVille

Saturday, April 10, 2010

Bagi pengguna Facebook mungkin FarmVille merupakan sesuatu yang tidak asing lagi. Ya, ini adalah sebuah game interaktif di facebook yang dikembangkan oleh Zynga. Permainan ini rupanya banyak menarik minat para facebookers.



Permainan ini sendiri mengenai bagaimana menjadi seorang petani. Tentu saja, seperti petani betulan, facebookers didalam permainan ini menjadi seorang petani virtual yang bisa menanam, merawat dan memanen hasil pertanian mereka.

Menurut Wikipedia, game yang pertama diluncurkan pada bulan Juni ini, menjadi permainan terpopuler dengan sekitar 82, 4 juta orang pengguna dan memiliki fans lebih dari 23,1 juta. Seiring banyaknya penguna game ini, nampaknya muncul pula kontroversi.

Seperti berita yang dilansir di VIVAnews,seorang ibu di Inggris terkejut ketika mengetahui bahwa dia tercatat memiliki hutang 900 poundsterling atau sekitar Rp. 12, 5 juta. Selidik punya selidik, ternyata hutang itu berasal dari pembelian aksesoris virtual di FarmVille.

Sebenarnya, bukan ibu tersebut yang memainkan game ciptaan Zynga itu, tapi anaknya yang kebetulan tergila-gila memainkan game ‘petani virtual’ ini Sebenarnya, secara normal game ini merupakan game gratis yang bisa dimainkan semua member facebook, namun beberapa aksesoris tidak bisa didapatkan secara gratis.

Berdasarkan apa yang saya baca di wikipedia, FarmVille telah dianggap membohongi para penggunanya melalui penawaran yang menyesatkan, seperti meminta penggunanya untuk mengisi survey bohongan atau test IQ yang akhirnya membawa penggunanya menjadi berlangganan jasa yang tidak mereka inginkan yang akhirnya menguras tagihan telepon mereka.

Tentu saja, kasus membeli barang virtual tidak hanya terjadi sekali atau dua kali. Hal ini, memang memberikan banyak keuntungan yang luarbiasa bagi creator game seperti Zynga. Bahkan, game FarmVille ini tercatat sebagai perusahaan yang berniliai Rp. 5 milliar, jumlah yang luarbiasa untuk sebuah perusahaan pribadi.

So, hati-hati dalam menggunakan semua jasa yang ditawarkan, pelajari dan hindari scam. Apalagi, bagi anda yang sudah memiliki putra/putri, selalu awasi mereka saat menggunakan internet.

-xXx-


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP