banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Apocalypse World War II

Thursday, May 20, 2010

Puas sekali sabtu malam lalu nonton Apocalypse world war II di metro tv (program documenter disertai narasi dan video asli mengenai perang dunia II) melihat para jendral besar  dan pemimpin saling adu taktik perang.. yang paling keinget mengenai serbuan jerman ke rusia.. awalnya hitler bersahabat dng stalin,rusia sukarela menjual bahan mentah berupa besi,minyak ke jerman untuk di buat peralatan tempur.tetapi hitler memutuskan demi menguasai eropa,jerman harus menaklukkan rusia dan mengamankan pasokan bahan mentah sepenuhnya..

Dimulailah serangan ke daerah rusia,...

Hitler mengabaikan saran jendral2 nya dan bersikeras menggunakan serangan trisula.. membagi tiga arah seranganya:
Pertama ke Stalingrard (kota industry)
Kedua ke arah moskow (menguasai pusat pemerintahan)
Ketiga ke wilayah ukraina yang kaya hasil bumi.

Hitler terlalu percaya diri bahwa militer Soviet meskipun besar tp tidak tangguh trutama bila diserang mendadak. Dia berpendapat jika Soviet dpt segera ditaklukkan maka tidak lama kemudian Inggris yg sendirian akan jg menyerah, dan Amerika juga tidak akan ikut berperang di eropa jika seluruh eropa telah ditaklukkan German. Hitler optimis dpt dgn cepat menang krn serangan dilakukan dgn mendadak saat militer Soviet lengah dan masih tersebar di wilayah yg luasnya 1/3 bumi. Selain itu dia melihat bahwa militer Soviet membutuhkan waktu berbulan-bulan utk mengalahkan Finlandia yg kekuatan militernya tidak sampai 5% dari kekuatan German.

Tapi apa mau dikata, blitzkrieg(serangan kilat) gagal dilakukan karena medan di rusia sangat jelek, jalanan tak beraspal. wilayah luas, musim dingin yang datang menyerang dan juga di sebabkan beberapa hal seperti:

Kegagalan German mengajak Jepang menyerbu Rusia
Bahkan Jepang malah mengalihkan rencana dengan menyerang Sekutu di asia tenggara. Hal sebaliknya justru suksesnya intelijen Rusia yg mengetahui bahwa Jepang tidak berniat menyerang Rusia, dgn demikian..Stalin dengan tenang memindahkan pasukannya yg berada di Siberia utk bertempur di front barat menghadapi German.

Pertempuran Kursk menjadi titik balik perang di front timur.
Bocornya rencana serangan German ditambah molornya rencana menyerang wilayah Kursk di th’43 dr april hingga juli, membuat Rusia siap dengan memasang 15 juta ranjau dan belasan ribu meriam, 1,5 juta tentara , 3500 tank dan 1500 pesawat menghadapi 800 ribu pasukan German dengan 400 pesawat dan 1200 panzer. German membagi kekuatan menjadi 2 dengan tujuan menjepit pasukan Rusia ditengah..tp pasukan Rusia yg lebih besar dan siap krn bocornya rencana German justru membuat pasukan German mundur dari Kursk hanya kurang dari 2 minggu dari serangan awal. Dan seterusnya German terus mundur dari wilayah Soviet. sedangkan tentara merah bak srigala haus darah terus maju menekan German hingga ke negerinya sendiri.

Tulisan diatas merupakan karya Angga Earieska, sahabat facebook Azys Media, yang bersedia tulisannya dimuat di blog ini. Jika ingin mengenal lebih jauh mengenai penulis silakan add facebooknya DISINI. Bagi yang ingin menyumbangkan tulisan atau artikel silakan tulis pemberitahuan di wall Azys Media on Facebook, atau kirim artikel kamu ke alamat email syaifulanwar182@yahoo.com.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP