banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Nasi 'yang Sehat' Juga Cegah Serangan Jantung

Sunday, June 6, 2010

Nasi yang notabene makanan pokok masyarakat Indonesia ternyata tidak hanya mengenyangkan perut saja. Menurut hasil riset para peneliti Jepang nasi ternyata mampu menyehatkan tubuh dengan mencegah datangnya penyakit stroke dan jantung.

Di Negeri Matahari terbit sendiri Nasi memang saat ini kalah pamor ketimbang makanan utama ala barat, seperti roti atau kentang. Bahkan menurut Satori Eguchi, seperti dilansir voanews, pemakan nasi di negeri sakura berkurang hingga 50 %.

Pola makan berlemak dan tidak sehat para generasi muda Jepang ini juga sangat mengkhawatirkan. Para ahli berpendapat bahwa makanan tradisional yang terdiri dari nasi dan ikan nampaknya lebih sehat daripada makanan modern saat ini.

Tidak banyak penelitian yang dilakukan terhadap nasi. Banyak orang yang beranggapan nasi tidak lebih dari karbohidrat saja. Namun, penelitian membuktikan bahwa ditemukan zat yang dapat mencegah serangan jantunng dalam nasi putih. Zat tersebut dapat membatasi hormon angiotensin. Hormon yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan membiarkan kelebihan sodium atau garam berakumulasi dalam darah.

Namun sulit untuk menemukan nasi yang masih mengandung zat tersebut. Saat ini pengolahan nasi yang salah menyebabkan kandungan positifnya hilang. Mulai dari padi utuh sampai terhidang ke meja makan, nasi diproses ‘terlalu bersih’.

Dalam proses penggilingan misalnya, tidak hanya bekatul yang dihilangkan tetapi juga kulit ari beras sehingga beras benar-benar nampak putih bersih. Belum lagi nanti sebelum ditanak nasi pasti dicuci sampai air yang digunakan mencuci tidak putih lagi. Betapa banyak zat penting yang hilang dalam proses tersebut.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP