banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Rahasia Sehat Dibalik Marah

Sunday, June 6, 2010

Marah-marah memang kelihatanya negatif, kadang ada yang menghubungkannya dengan faktor penyebab usia kita jadi cepat tua. Namun, fakta membuktikan bahwa marah-marah, akan membuat kesehatan emosional kita terjaga. Jadi jangan hanya olahraga fisik saja untuk menjaga kesehatan, tapi kamu juga perlu menjaga kesehatan emosional.

Dengan marah (namun jangan sering-sering yah, serem)sesekali saja maka kamu sudah bisa meluapkan emosi yang ada dalam pikiran kamu. Jadi daripada dipendam, mending biarkan meluap agar tidak terasa sesak didalam dada (wuih bahasanya..)hehehehe..

Kenapa Marah bisa menyehatkan? Para ilmuwan, seperti dilansir Kompas.com, menemukan bahwa meluapkan kemarahan bisa meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang berkaitan dengan rasa bahagia. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Spanyol diketahui bahwa belahan otak sebelah kiri (hemisfer) lebih terstimulasi saat seseorang sedang marah.

Dr Neus Herrero dari University of Valencia, Spanyol, pemimpin penelitian ini, mengatakan, bagian frontalis kiri otak berkaitan dengan emosi yang positif, sedangkan di bagian kanan berhubungan dengan emosi negatif. "Perubahan aktivitas otak juga terjadi, terutama di bagian frontalis dan lobus temporalis," katanya.

Belahan otak terbagi menjadi empat lobus, yang mengendalikan berbagai aktivitas berbeda. Lobus frontalis (di belakang dahi) pada masing-masing belahan mengatur aktivitas seperti berbicara dan berpikir abstrak.

Sementara itu, lobus temporalis yaitu bagian yang membantu kita bisa mendengar dan mengartikan bunyi serta bertanggung jawab atas memori.

Marah juga bermanfaat untuk memicu perubahan dalam tubuh yang berfungsi mengontrol kerja jantung dan hormon. Marah diketahui bisa menurunkan hormon stress, kortisol dan mampu meningkatkan level testosteron.

Akan tetapi, Herro mengingatkan efek negatif dari marah, yakni naiknya tekanan darah. Jadi jangan terlalu berlebihan kalau marah, malah tidak sehat. Sesekali meluapkan kemarahan memang penting, tapi kalau terus-terusan marah bisa berabe.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP