banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Khasiat Habbatussauda, Jinten Hitam

Thursday, April 15, 2010

Jinten Hitam atau Habbatussauda dengan nama biologinya adalah Nigella Sativa dan di berbagai Negara di Eropa dikenal sebagai “black seed” atau “black cumin” adalah sebuah obat herbal alami yang sangat berkhasiat. Bahkan di Mesir, ia lebih dikenal dengan “Habbah Barakah” (karena kemampuannya mengobati berbagai jenis penyakit, Barakah di dalam bahasa Indonesia berarti rahmat).


Banyak yang mengatakan habbatussauda adalah obat bagi segala jenis penyakit, mencegah lebih dari 50 jenis penyakit. Habbats ini juga telah digunakan secara meluas sebagai herbal untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit sejak 2000 tahun lalu.

Terdapat banyak penelitian pengobatan lama dan modern telah dibuat untuk mencari sejauh mana kebenaran pernyataan ini. The Journal of American Scientist melaporkan Habbatussauda bermanfaat untuk banyak penyakit karena mengandung antihistamine (pencegah influenza), antioxidant (pencegah kerusakan sel), antibiotic (pembunuh kuman), antimycotic (antikult) dan bancho-dilating effect (melancarkan) saluran pernafasan.

Dr. Micheal Tierra, penulis buku “Planetary Herbalogy” menemukan bahwa habbatussauda atau Habbah Sauda mengandung betasitosterol yaitu bahan anti kanker. Kamus kedokteran “Larousse” menjelaskan bahwa habbatussauda berfungsi untuk mengeluarkan angin dari perut, menambah gairah seks, dan melancarkan darah haid.

Didalam beberapa hadis juga disebutkan mengenai khasiat jinten hitam ini. “Sesungguhnya, Habbatussauda dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam. “Saya bertanya: “Apakah as-sam itu ?” Baginda menjawab: ‘As-sam itu maut !” ( Riwayat Bukhari ).

Nigella sativa (Jinten Hitam) mengandung nutrisi, minyak essensial dan asam lemak. Komposisi nutrisi biji Nigella sativa yaitu: protein 21%; karbohidrat 35%; lemak 35-38%. Nutrisi yang dikandung biji jinten hitam dalam 100 g kadar air yaitu: energi 531 kcal; protein 20,8 g; thiamin 1,5 mg; riboflavin 0,1 mg; piridoksin 0,5 mg; niacin 5,7 mg; kalsium 185,9 mg; iron 10,5 mg; copper 1,8 mg; zinc 6 mg; phosphorus 526 mg; folacin 0,061 mg (Susilo, 2006).

Dengan berbagai kandungan positif didalamnya Habbatussauda sebagai obat yang direkomendasikan Nabi, dapat membantu menyembuhkan atau mencegah berbagai penyakit seperti kanker, flu, masalah sexual, dll.Selain itu, mengkonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Sehingga dapat dikatakan bahwa obat herbal ini dapat digunakan untuk memerangi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti AIDS.

Dari berbagai sumber 





Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP