banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Tips mengolah sayur

Friday, April 23, 2010

Sayur adalah makanan yang paling banyak mengandung aneka kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Pentingnya sayur, membuat kita harus rajin mengonsumsi sayur. Sebenarnya, salah satu cara sehat memakan sayur adalah dengan memakanya mentah-mentah, namun jika tidak bisa kamu juga masih bisa memasaknya.


Memasak sayur tidak semudah yang dibayangkan. Jika memang ingin mempertahankan kandungan gizi dalam sayur, kamu harus memiliki kiat khusus. Beberapa cara tersebut adalah:

Salad
Salad sayur sangat sehat, karena kita mengonsumsi sayur yang tidak dimasak dan nutrisi sayur juga masih utuh. Namun, sayuran yang akan dikonsumsi hendaknya dicuci bersih dulu.

Mengukus
Dengan cara ini nutrisi sayuran tetap terjaga dan matangnya lebih cepat. Dapat dikatakan bahwa mengukus adalah cara terbaik mengolah sayur.

Menumis
Dengan sedikit minyak memungkinkan kehilangan vitamin yang larut dalam lemak sedikit terbuang. Selain itu, sayur tumis terasa nikmat dilidah.

Merebus
Merebus adalah cara yang paling sering digunakan, namun merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika kamu harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin. 

Dibuat Jus
Saat ini, jus sayur memang tengah popular. Selain mempertahankan nutrisi, mengonsumsi jus pasti lebih mudah daripada harus mengunyah sayur mentah-mentah.

Jika memasak sayur dengan merebus ada baiknya jika kamu biarkan air mendidih selama dua menit. Ini dimaksudkan untuk mengurangi oksigen yang mana dalam air mendidih menyebabkan hilangnya vitamin C. Selain itu dianjurkan tidak untuk merebus sayur langsung dari air dingin. Resiko kehilangan vitamin C sangat besar sekali, yaitu mungkin sampai sepuluh kali lipat.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP