banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Khasiat Bawang Putih

Sunday, May 23, 2010

Bawang putih (Allium sativum) biasa ditanam ditempat yang tinggi. Selain sebagai bumbu dapur banyak juga yang mengaitkan bawang putih dengan mitos drakula. Meskipun demikian, ternyata banyak manfaat yang bisa kita ambil dari bawang putih, khusunya bagi kesehatan.

Menurut para peneliti, kandungan utama bawang putih yaitu alicin adalah zat utama yang menjadikan bawang putih sangat berguna bagi manusia. Zat ini akan membantu memperlancar aliran darah karena jika zat ini bereaksi dengan darah akan menghasilkan sulfida hydrogen.

Selain alicin, bawang putih juga diketahui mengandung zat aliin yang dipergunakan sebagai anti kolesterol. Selain itu, zat ini dipercaya mampu mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.
Mengonsumsi bawang putih memang sehat. Namun, jika berlebihan akan memiliki efek samping, yaitu bau menyengat yang dihasilkan oleh sulfida Hidrogen tadi.

Namun demikian khasiat bawang putih patut kita apresiasi. Bawang putih bahkan bisa juga digunakan untuk melawan kanker terutama kanker perut dan usus besar. Organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker.

Dalam beberapa penelitian epidemiologis menunjukan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar. Untuk memperoleh khasiat bawang putih secara maksimal, para peneliti dari Penn State University menyarankan agar membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, agar bawang itu membentuk zat-zat yang membantu memerangi kanker.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Unik

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP