banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Hasil Pertandingan Piala Dunia Grup A: Afrika Selatan Kalahkan Perancis

Wednesday, June 23, 2010

Domenech melengkapi prestasi buruk Perancis dengan gagal lolos dari penyisihan Grup Piala Dunia 2010 dengan nilai terendah. Hanya meraih 1 poin dari maksimal 9 poin menjadikan Perancis tim terburuk di Grup B. Partai terakhir saat jumpa tuan rumah Afrika Selatan di Free State Stadium, Selasa, 22 Juni 2010, harus diakhiri dengan kekalahan. Benar-benar Perancis akan pulang dengan muka tertunduk.

Dalam laga ini, Perancis masih dihantui konflik internal yang menerpa klub yang berjuluk Les Blues tersebut. Terbukti, Raymond Domenech yang cekcok denga Patrice Evra, kapten tim, tidak menurunkan bek sayap Manchester United itu sebagai starter dalam pertandingan krusial ini. Tidak hanya kemenangan yang dicari tetapi Perancis harus mencetak banyak gol jika tak ingin tersingkir.

Dari pertemuan terakhir kedua tim, Perancis belum sekalipun saat berjumpa Bafana Bafana. Salah satu yang paling mengesankan pada Piala Dunia 1998, Perancis berhasil menuntaskan perlawanan Afrika Selatan tiga gol tanpa balas. Namun, Perancis yang dulu berbeda dengan sekarang. Dalam pertandingan hidup mati grup A tadi malam, Perancis keok dari Afrika Selatan dengan skor 2 – 1.

Laga Afrika Selatan vs Perancis ini merupakan laga krusial kedua tim. Untuk bisa lolos, kedua tim harus saling mengalahkan. Jika seri salah satu dari mereka tak akan lolos. Selain itu, mereka juga bergantung pada hasil laga Meksiko Vs Uruguay. Kedua tim itu juga harus saling mengalahkan, jika hasilnya imbang maka dipastikan Perancis dan Afsel gagal melaju ke babak 16 besar.

Baru beberapa menit pertandingan berjalan, Gourcuff langsung membuka peluang Perancis untuk unggul cepat. Namun, sepakan pemain muda ini masih bisa diamankan kiper Afrika Selatan Moeneeb Josephs, yang ditunjuk untuk menggantikan Itumeleng Khune yang harus absen menyusul kartu merah yang diterimanya saat berlaga menghadapi Uruguay kemarin.

Domenech yang pada pertandingan ini mempercayakan Cisse sebagai starter nampaknya tak jua melihat titik terang. Beberapa kali pemain gaek itu terjebak perangkap offside dan belum menciptakan peluang berbahaya di lini belakang Afrika Selatan.

Afrika Selatan justru membuka keunggulan terlebih dahulu setelah Bongani Khumalo mampu memaksimalkan tendangan sepak pojok. Dengan cerdiknya, Khumalo mampu menanduk bola dari sepak pojok dan menghasilkan satu angka pertama Afrika Selatan.

Menit 25,penderitaan Perancis semakin bertambah ketika Yoan Gourcuff harus diusir wasit karena pelanggaran keras terhadap pemain Afrika Selatan. Gourcuff menyikut Sibaya saat berduel udara, wasit yang melihat kejadian ini langsung memberi kartu merah. Sedikit kontroversial memang, karena pelanggaran tersebut tidak begitu keras dan biasa jika terjadi saat duel udara.

Perancis bahkan harus berputus asa ketika Afrika Selatan mencetak gol keduanya di menit 38. Mphela dengan cerdik sukses memaksimalkan kesalahan Clichy dan membawa timnya menggandakan keunggulan. Prancis 0-2 Afsel.

Di pertandingan lain, berita kemenangan sementara Uruguay melecut semangat pemain Perancis dan Afrika Selatan untuk kembali beraksi di babak kedua. Afsel membuka peluang saat Mpela kembali memperoleh umpan matang dari rekannya. Sayang sekali sepakan Mphela masih mengenai mistar gawang.

Tidak efektifnya, Djibril Cisse membuat Domenech cukup gerah, ia kemudian mengutus Thiery Henry menggantikan Cisse didepan. Namun, Henry maupun striker Perancis lainnya memang tumpul. Tak satupun dari mereka mampu mencetak di dua laga terakhir Perancis.

Lagi, Mphela membuat LLoris harus menyelamatkan gawang Perancis. Tendangan keras Mphela dari luar kotak penalty masih bisa diamankan kiper tangguh Perancis tersebut. Malam itu, Lloris memang tampil gemilang.

Pada menit ke 71, Perancis berhasil memperkecil ketertinggalan melalui aksi Malouda. Mendapat sodoran umpan matang dari pemain Bayern Muenchen, Frank Riberry , Malouda dengan cerdiknya menyontek bola dan mencetak gol. Skor sementara 2 – 1.

Perancis sedikit percaya diri setelah gol ini. Namun, usaha mereka juga terus gagal. Hingga peluit panjang ditiupkan, Perancis tetap kalah dari Afrika Selatan dengan skor 2 – 1. Dengan demikian, Perancis sudah pasti tidak lolos dan harus menempati posisi Juru Kunci grup A, dengan raihan satu angka, hasil imbang dengan Uruguay pada laga pertama.

Sedangkan Afrika Selatan harus menerima kenyataan tidak lolos dari penyisihan grup. Karena walau memiliki nilai yang sama dengan Meksiko, Afsel masih kalah dari selisih gol. Dari grup A, dua tim Amerika Latin, Uruguay dan Meksiko, yang lolos.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP