banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Kenali Penyebab 'Ngiler'

Thursday, June 17, 2010

Kenapa yah kalo tidur bisa secara tidak sengaja mengeluarkan air liur atau bahasa kerennya ‘ngiler’ (heheheheh...)? Mungkin kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang memalukan, tapi kan jarang juga ya orang liat kita ngiler. Meski demikian, tetap saja hal ini membuat kita tidak nyaman.

Mengiler bagi bayi atau anak kecil mah biasa, hal ini dimungkinkan karena anak yang mau tumbuh gigi. Tapi bagaimana dengan orang dewasa? Pastinya ada kan ya yang udah dewasa tapi kok masih suka ngiler aja kalau tidur.

Kebiasaan ‘menggambar peta’ di bantal memang tidak bisa kita sadari saat tidur. Ngiler saat tidur bisa saja terjadi karena emang normalnya seperti itu atau mungkin karena sakit. Jadi yang biasanya ndak pernah ngiler jadi membasahi bantalnya pas tidur.

Seperti dilansir di Metrogaya.com, mengiler disebut juga dengan sialorrhea, yaitu suatu kondisi yang dialami oleh jutaan orang dalam tidurnya setiap malam. Hal ini terjadi ketika seseorang bermimpi atau saat istirahat.

Salah satu penyebab dari kondisi mengiler saat tidur, seperti dikutip dari eHow, adalah akibat muRata Penuhlut yang kering sehingga memicu produksi air liur berlebih. Selain itu ada juga beberapa kondisi lain, yaitu:

Tidur dengan mulut terbuka. Jika kamu biasa tidur dengan mulut terbuka, maka akan memicu mulut menjadi kering lebih cepat. Sehingga, produksi air liur akan meningkat. Dengan mulut terbuka saat tidur, orang jadi gampang ngiler tu.

Efek samping obat. Beberapa obat terkadang memiliki efek samping seperti mulut kering atau menyebabkan adanya gangguan pada kelenjar yang bertugas memproduksi air liur.

Memiliki masalah pada gigi. seperti infeksi pada gigi atau gusi orang tersebut yang mempengaruhi air liur.

Memiliki anatomi mulut yang tidak normal, seperti lidah yang terlalu besar dan gigi yang terlalu rapat.

Salah satu cara yang efektif untuk menghindari ngiler adalah dengan tidak tidur dengan posisi miring. Karena, jika tidur dengan posisi miring akan mendorong rahang terbuka yang akhirnya membuat mulut terbuka saat tidur, akibatnya ya ngiler tu tadi..


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP