banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Tips Menghindari Facebook di hack

Sunday, June 13, 2010

Situs jejaring sosial memang masih saja berdiri tegar sebagai salah satu yang paling populer di dunia. Kendati pernah bermasalah dengan sistem keamanannya, belum lagi masalah grup-grup provokatif yang menyinggung masalah keagamaan, Facebook saat ini masih menjadi pilihan para pengguna internet sebagai alat untuk berbagi atau mencari teman.

Namun, karena saking massive-nya penggunaan jejaring sosial ini, beberapa orang mungkin tertarik untuk mencari cara agar bisa mengakses akun orang lain, mungkin hanya iseng cari-cari info rahasia atau sekedar ingin mengerjai temannya. Nah , kalau sudah begini kita juga kan yang rugi.

Kegiatan menyusup ke akun orang ini sudah masuk ke kategori hacking. Setahu saya ada dua cara ne:

1. Menggunakan ‘Keylogger’

Sebuah software untuk merekam apa yang kita ketik dari keyboard komputer kita. Jadi kalau ada software keylogger terinstall di kompi, maka apa yang kita ketik melalui key board bisa diketahui, termasuk password Facebook. Bahkan menurut Wikipedia, beberapa keylogger tertentu dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Keylogger ini merupakan program yang beroperasi secara invisible. Biasanya, orang yang iseng berburu password FB akan menyebarkannya di warnet2 atau di kompinya sendiri, jadi kalau ada yang memakai dia langsung dapet tu alamat email ma password akun FB korban. Jadi bagi yang jarang ke warnet aman juga sih.

Tapi kalau melihat keylogger tertentu juga bisa mengirimkannya lewat email, belum berati kamu aman yah yang suka online dirumah, karena bisa saja hacker menebarkan pop up yang berisi link menarik dan sapa tau aja kamu klik, hasilnya mungkin software keylogger terinstall secara otomatis tanpa kamu ketahui. (mungkin g sih..hehehehe)

Nah, kalau begini Azys Media mau berbagi tips aja, supaya kita terhindar dari hacker Facebook yang menggunakan Keylogger:
  • Yang pertama, selalu gunakan antivirus yang update. Keylogger akan terdeteksi sebagai virus.
  • Gunakan software anti keylogger.
  • Periksa program yang sedang beroperasi melalui task manager (Ctrl + Alt + Del).
  • Selalu berhati-hati jika sedang menggunakan komputer warnet. Kalau bisa pilih warnet yang menggunakan program DeepFreeze.
  • Berdoa aja, supaya g ada yang hack facebook kamu… :)

2. Penggunaan 'Fake Log in'

Kalau ini berbeda dengan penggunaan keylogger, hack dengan Fake log in ini merupakan cara seseorang memperoleh alamat email dan password akun facebook dengan cara menipu orang agar log in facebook tetapi tidak pada alamat url facebook asli.

Dengan kata lain, fake log ini adalah laman log in facebook palsu yang memiliki tampilan sama persis dengan laman log in facebook asli. Yang membedakan ya Cuma url-nya aja. Ketika kamu mencoba log in di laman ini bukannya facebook kamu yang kebuka, malah alamat email dan password facebook kamu dicuri orang.

Hal ini dikarenakan si empunya laman fake log in, akan mempunyai akses untuk melihat file log.txt yang merekam alamat email dan password kamu saat menggunakan fake log in. Untuk menghindari pencurian akun facebook dengan fake log in, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Selalu ingat bahwa alamat URL facebook adalah www.facebook.com ya, bukan facebok, pacebook atau yang palsu lainnya. Lihat pada kotak url browser kamu. Jadi jangan terburu-buru masukin alamat email dan password, tapi liat dulu url-nya.
  • Biasanya para pemburu akun fb lewat fake log in ini juga sering mencari mangsa di warnet, dengan sedikit trik mereka mengubah laman home page mozila firefox, internet explorer, atau browser internet lainnya menjadi alamat web fake log in mereka. Jadi, selalu perhatikan url sebelum log in facebook.
  • Menggunakan fitur ‘private browsing’ jika menggunakan browser Mozilla Firefox. Dengan fitur ini, firefox tidak akan menyimpan history dan cookie saat kita enjoy browsing di dunia maya.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



1 comments:

mizone said...

download yang Terbaru disini:
http://www.4shared.com/file/KWIHqNdV/new_up_date.html

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP