banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Ujung, sebuah tradisi masyarakat Jawa saat Idul Fitri

Saturday, September 11, 2010

Masih teringat dengan memori yang tak terlupakan saat lebaran. Saat masih kecil lebaran merupakan hari yang sudah sangat dinantikan melebihi hari-hari berkesan lainnya. Pada hari besar umat islam tersebut, anak-anak kecil –seperti saya waktu itu- seperti mendapatkan rejeki durian runtuh.

Ya, pada hari kemenangan biasanya umat Islam di daerah kami, kota Klaten, Jawa Tengah, melakukan tardisi ‘Ujung’, yakni mengunjungi rumah tetangga dan sanak saudara dengan tujuan meminta maaf. Untuk mendukung tradisi tersebut, biasanya setiap orang mengenakan baju baru. Selain itu, lebaran merupakan surganya makanan.

Dalam tradisi ini, biasanya orang yang lebih muda mendatangi rumah orang yang lebih tua. Maka dari itu, kalau tidak ingin capek keliling rumah, saya dulu biasanya duduk manis dirumah alm. Simbah yang juga termasuk tertua.

Selain makanan, biasanya anak-anak kecil yang ikut ‘Ujung’ juga mengincar yang namanya ‘fitrah’, yakni uang sodaqoh dari tuan rumah. Setelah selesai berputar-putar desa, yang pasti dibicarakan pasti uang fitrah. Anak-anak suka membandingkan uang fitrah hasil mereka berkeliling di desa.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP