banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Belajar untuk bekerja?

Sunday, November 21, 2010

Pendidikan untuk pekerjaan itulah mindset yang selama ini terbenam di otak saya ketika masih bersekolah ataupun kuliah. Sehingga, tujuan belajar adalah untuk mendapat nilai bukannya mencari pengetahuan. Dengan pemikiran seperti ini, banyak siswa atau mahasiswa yang menghalalkan segala cara demi meraih nilai sempurna.

Namun, pemahaman akan pendidikan yang seperti itu hanya akan membuat susah dikemudian hari. Lihat saja banyak sekali pengangguran berijazah yang menanti pekerjaan. Menawarkan hasil pencapaian belajarnya yang mungkin ‘palsu’ ke berbagai perusahaan ataupun ke lembaga negara.

Bahkan saat ini terdapat istilah, ‘membeli’ pekerjaan. Di beberapa perusahaan ditawarkan sejumlah posisi beserta harganya. Wow, kok bisa? Justru kita mencari kerja untuk mendapat upah, ini disuruh membayar. Bahkan tidak jarang orang terjebak dalam penipuan perantara kerja dan rugi jutaan rupiah akibatnya.

Jangankan di perusahaan swasta, di lembaga negara pun sudah menjadi rahasia umum jika ‘uang selalu berbicara’. Sebegitu parahkah? Pertanyaan ini memang retoris yang hanya akan menjadi wacana yang selalu menjadi topik pembicaraan lulusan perguruan tinggi atau lulusan sekolah yang tidak melanjutkan kuliah.

Di negara ini, kita khususnya pemuda memang harus berpikir kreatif. Mengembangkan lifeskill, seperti kemampuan kepemimpinan, entrepreneurship dan berorganisasi juga penting karena jika tidak kita bisa tertinggal kereta. Namun, usaha dan semangat pantang menyerah juga harus ditanamkan.

Dengan kata lain, pemuda juga harus bisa mandiri. Memaksimalkan potensi diri yang mungkin selama ini hanya dipendam atau belum diketahui. Setidaknya tidak ada kata terlambat untuk memulai.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP