banner ads banner ads banner ads banner ads banner ads

Mudik Lebaran Berpotensi Menjadi Ajang Pamer

Tuesday, September 7, 2010

Idul Fitri atau Lebaran merupakan hari kemenangan umat Islam setelah mampu melaksanakan Puasa wajib di bulan suci Ramadhan. Selain menjadi ajang perayaan kemenangan, umat muslim juga memanfaatkan momen ini untuk saling bermaaf-maafan.

Idul Fitri sebagai hari kemenangan memang harus diimplementasikan. Setiap umat mulsim pasti memiliki semangat untuk kembali fitri. Hal ini seperti yang terdapat dalam Surat al- Rum ayat 30 yang bermakna:

”Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada din (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

Semangat untuk kembali fitri ini pula yang memicu banyak orang yang hidup di perantauan berbondong-bondong pulang di hari yang fitri tersebut. Mereka ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara atau tetangga agar mendapatkan maaf atas kesalahan yang pernah dilakukan.

Ya, kebudayaan mudik ini memang sudah mendarah daging dan memang kebudayaan yang sangat positif. Akan tetapi, bahaya penyakit hati yang berupa kesombongan ternyata ada dibalik itu.

Menurut Sosiolog dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Soeprapto , berpendapat bahwa mudik bisa juga menjadi ajang pamer kesuksesan. Seseorang akan sangat bangga jika mampu memperlihatkan pencapaiannya, dengan kata lain peningkatan status sosialnya.

Selain itu, dengan munculnya sikap pamer tersebut, maka efek negatif lain semacam kecemburuan sosial juga akan muncul. Hal ini bisa saja merusak niat kita yang sebenarnya di hari kemenangan yang fitri. Niat untuk kembali suci berubah menjadi ajang pamer kesuksesan yang diperoleh di luar sana.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tata kembali niat dan tujuan kita jika ingin benar-benar ingin mendapatkan ridho-Nya untuk menjadi manusia yang sudah kembali fitri di hari kemenangan nanti. Ingatlah potensi besar yang terkandung dalam hari kemenangan yang sebentar lagi akan kita jumpai. Di hari Idul Fitri, kita mendapatkan kesempatan untuk menghapus dosa-dosa kita dengan hanya mengucapkan kata maaf.


Baca Artikel Menarik Lainnya



Bisnis Online



0 comments:

Bagaimana Pendapat Kamu?


Tulis Komentar Kamu disini dengan sopan dan bukan spam tentunya. Kamu bisa Log in ke akun kamu untuk berkomentar, atau Kamu bisa berkomentar sebagai tamu dengan mengisi Nama dan URL atau boleh juga tanpa Identitas (anonymous).

Thanks for visiting my blog :)

Baca-Baca Lagi Yuuk

Artikel Terpopuler

Random Template

Tips Facebook

Berita Sepak Bola

Download Dari Azys Media

Recent News

Tips Azys Media

  © Blogger templates Newspaper by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP